KISI-KISI UAS BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama KELAS VII
SEMESTER 1
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | Indikator Soal | Jenis Soal | No Soal | Ranah Soal |
1 | 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat | 1.Mampu menentukan isi berita dalam satu alinea | Penyimpulan berita | - Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan isi teks berita. - Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan kesamaan isi kedua teks berita. - Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan isi teks berita. | PG PG Esai | 1 2 50 | C2 C2 C2 |
1.2.Menuliskan kembali berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat | 1. Mampu menemukan isi berita yang dibaca | Penulisan kembali berita | - Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita. - Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan selesai teks berita. | PG PG | 3 4 | C2 C2 | |
2 | 2.1. Menemukan makna kata terrtentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan memindai. | 1. Mampu menemukan lema (makna kata) secara cepat dan tepat 2. Mampu menemukan makna kata secara tepat dan cepat sesuai dengan konteks yang diinginkan | Cara menemukan makna kata secara cepat dan tepat. | - Disajikan contoh kamus, peserta didik dapat menyusun kamus secara alfabetis. - Disajikan sebuah kalimat, peserta asuh dapat menentukan makna kata dalam kamus. | PG PG | 5 6 | C3 C1 |
2.2.Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit | 1. Mampu membaca 200 kata per menit 2. Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan 3.Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan | Membaca cepat | - Disajikan sebuah paragraf, peserta asuh dapat memilih pertanyaan sesuai dengan isi paragraf tersebut. - Disajikan sebuah paragraf, penerima asuh sanggup memilih gagasan utama paragraf tersebut. - Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi paragraf. - Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan selesai paragraf. | PG PG PG PG | 7 8 9 10 | C3 C2 C3 C2 | |
2.3.Membacakan berbagai teks perangkat upacara | 1. Mampu memberikan tanda penjedaan pada teks perangkat upacara | Pembacaan teks perangkat upacara | - Disajikan bagian teks Undang-Undang Dasar 1945, peserta didik dapat menentukan penjedaan yang tepat dalam teks tersebut. - Disajikan bagian teks doa, peserta didik dapat menentukan intonasi membacanya dengan benar. | PG PG | 11 12 | C2 C2 | |
3 | 3.1.Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar | 1. Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam satu hari | Penulisan catatan harian/ pengalaman pribadi | - Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan gambaran tersebut. - Disajikan kutipan catatan harian, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur yang terdapat pada kutipan tersebut. - Disajikan kutipan catatan harian, penerima asuh sanggup memilih suasana yang tergambar dalam kutipan tersebut. - Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan catatan harian sesuai dengan gambaran tersebut. | PG PG PG Esai | 13 14 15 49 | C2 C1 C2 C2 |
3.2. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa. | 1. Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi 2. Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif 3. Mampu menyunting surat | Penulisan surat pribadi | Disajikan contoh surat pribadi : - Peserta didik dapat menentukan kalimat pembuka surat pribadi dengan benar. - Peserta didik dapat menentukan tempat dan tanggal surat pribadi. - Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menulis isi surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif. - Disajikan surat pribadi yang dirumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat penutup dalam surat pribadi yang tepat. - Disajikan sebuah ilustrasi, penerima asuh sanggup menulis surat eksklusif menurut gambaran tersebut. - Disajikan contoh alamat surat, peserta didik dapat menyunting alamat surat. | PG PG PG PG Esai PG | 16 17 18 19 46 20 | C2 C1 C3 C1 C3 C3 | |
3.3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar. | 1. Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman 2. Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif | Penulisan pengumuman | Disajikan sebuah pengumuman ; - Peserta didik dapat menentukan pokok- pokok pengumuman. - Peserta didik dapat menentukan isi pengumuman. - Disajikan sebuah pengumuman yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang tersebut. - Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat memilih kalimat pengumuman yang sempurna menurut gambaran tersebut. | PG PG PG PG | 21 22 23 24 | C2 C2 C1 C2 |
Kisi-Kisi Uas Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Semester 1