KODE IKLAN DFP 1 Pengertian Dan Referensi Kalimat Imperatif, Deklaratif, Dan Interogatif | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Pengertian Dan Referensi Kalimat Imperatif, Deklaratif, Dan Interogatif

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Pengertian dan Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif, dan Interogatif - Kalimat mempunyai bermacam-macam jenis, dan dapat digolongkan ke dalam aneka macam kelompok. Pada kesempatan ini, kita akan membahas jenis kalimat menurut fungsinya. Berdasarkan fungsnya, kalimat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Kita akan membahas pengertian dan teladan ketiga klaimat tersebut.

 dan dapat digolongkan ke dalam aneka macam kelompok PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT IMPERATIF, DEKLARATIF, DAN INTEROGATIF


1. KALIMAT IMPERATIF

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kalimat imperatif yaitu kalimat yang bersifat memerintah atau memberi komando, mempunyai hak memberi komando, dan bersifat mengharuskan. Dengan kata lain, kalimat imperatif yaitu kalimat yang di dalamnya mengandung perintah. Kalimat ini berfungsi untuk meminta / melarang seseorang untuk melaksanakan sesuatu.

Contoh Kalimat Imperatif :

- Buka gerbang rumah sebelum ayah datang
- Buanglah sampah itu pada tempatnya
- Berikanlah ia sepotong roti

2. KALIMAT DEKLARATIF

Jenis kalimat selanjutnya yaitu kalimat deklaratif. Kata deklaratif berasal dari bahasa latin, declaratio, yang artinya pernyataan. Sedangkan pengertian kalimat deklaratif yaitu kalimat berisi suatu pernyataan yang berfungsi untuk memberi informasi atau info wacana sesuatu hal.

Contoh Kalimat Deklaratif :

- Orang renta aku telah kembali dari Mekkah
- Tadi pagi ada kecelakaan motor di depan rumah ani
- Saya akan menjenguk nenek di rumah sakit


3. KALIMAT INTEROGATIF

Sesuai dengan makna asal dari kata interogasi, yang berarti pertanyaan. Kalimat interogatif mempunyai perngertian sebagai kalimat yang di dalamnya mengandung pertanyaan. Kalimat ini berfungsi untuk menanyakan suatu informasi kepada orang lain.
Kalimat interogatif dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
1. kalimat interogatif yang membutuhkan balasan Ya / Tidak
Contoh :
- Apakah kau yang membawa kambing itu?
- Apakah ia orang yang akan menikahimu?
- Apakah ayahmu seorang polisi?

2. kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban berupa informasi.
Contoh :
- Mengapa kau pergi dari rumah?
- Di mana kau akan tinggal sesudah ini?
- Bagaimana cara untuk menciptakan roti?

Dalam komunikasi sehari-hari kita membutuhkan kalimat yang sesuia dengan situasi, kondisi, dan tujuan komunikasi. Penggunaan kalimat secara sempurna akan membantu keberhasilan komunikasi.

Demikian Pembahasan tentang Pengertian dan Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif, dan Interogatif. Semoga bermanfaat.

Selamat Belajar...!!! :)
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2