KODE IKLAN DFP 1 Menyimpulkan Isi Berita | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Menyimpulkan Isi Berita

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Menyimpulkan Isi Berita - Menyimpulkan berita, artinya merangkum semua pokok-pokok isi isu kedalam sebuah kesimpulan yang singkat namun tetap menyeluruh. Berita yang kita dengar dari radio maupun televisi dapat kita gunakan untuk berlatih menyimpulkan berita. Setelah menyimak isu tersebut selanjutnya, kita harus memilih pokok-pokok isu dan menyimpulkannya dengan memakai kalimat sendiri.

Cara menyimpulkan isi isu :
1. Menyimak isu dengan seksama
2. Mencatat pokok-pokok isu pada ketika mendengarkan berita
3. Membuat kesimpulan berita.
Kesimpulan dibentuk dengan merangkaikan pokok-pokok isu yang telah dicatat menjadi beberapa kalimat.

Selain cara di atas, amati juga unsur 5W + 1H dalam isu tersebut. Dengan menjawab 5W + 1 H, kita dapat menemukan semua informasi penting secara lengkap.

Baca juga : Menyimpulkan Isi Berita Dalam Beberapa Kalimat

Sekarang Simaklah Contoh Berita Bertajuk Kurban Idul Adha 2015 di Masjid Darussalam Desa Lebakwangi. Kemudian Carilah gagasan pokok setiap paragrafnya dan tarik menjadi satu kesimpulan.

Kurban Idul Adha 2015 di Masjid Darussalam Desa Lebakwangi

     Kamis, 24 September 2015 - Masjid Darussalam Desa Lebakwangi pada tahun ini menyembellih 5 kambing qurban dari jamah warga sekitar masjid. Pukul 07.30 sehabis pelaksanaan sholat Idul Adha, pribadi dilaksanakan program penyembelihan binatang qurban. Kelima kambing tersebut yaitu binatang kurban dari Bapak Nurali, Ibu Suriyatun, Bapak Saiful Mu'min, Ibu Siti, Bapak Marmo, dan satu kambing lagi dari arisan qurban Jamiah Yasin. 



     Acara pemotongan binatang qurban tersebut dilakukan secara bantu-membantu pengurus masjid dan warga di lingkungan RW 02 Desa Lebakwangi. Gotong royong tersebut diikuti oleh 25 warga, yang terdiri dari pengurus masjid, ketua RT 01 hingga RT 05 RW 02, dan para pemuda. Setelah program pemotongan, dilanjut dengan pembagian daging ke rumah warga yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB.



     Hasil total daging beserta tulang yang diperoleh yaitu 102 Kg, dan akan dibagi ke 300 warga di RW 02. Menurut Bapak Sukheri, selaku ketua pengurus masjid Darussalam, daging itu akan dikemas dengan plastik, tanpa dikilo lagi per plastiknya. "Yang penting semua warga kebagian, walaupun jatah daging yang ada diplastik tidak dapat  sama persis beratnya, bila harus ditimbang satu persatu akan memakan waktu," Ujarnya.


    Acara tersebut berlangsung cukup lancar alasannya yaitu kekompakan warga dalam kegiatan tersebut. Sebagai epilog acara, para warga yang ikut sebetulnya di hidangi makan siang berupa sate kambing yang di ambil dari jatah daging untuk panitia.





Latihan
Simpulkanlah isi isu di atas!





Selamat Belajar...!!! :)
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2