KODE IKLAN DFP 1 Kalimat Utama, Kalimat Penjelas Dan Gagasan Pokok Dalam Paragraf | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Kalimat Utama, Kalimat Penjelas Dan Gagasan Pokok Dalam Paragraf

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Gagasan Pokok Dalam Paragraf - Dalam sebuah paragraf niscaya mempunyai kalimat utama dan kalimat penjelas. Kedua unsur tersebut merupakan unsur utama pembentuk paragraf. Pada kesempatan ini kita akan membahas perihal kalimat utama, kalimat penjelas, dan gagasan pokok dalam paragraf.

Perhatikan Contoh Paragraf Berikut!

    Dari dahulu sampai sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan. Mainan ini disukai anak wanita alasannya bentuknya yang feminin. Selain bentuknya alasannya bentuknya yang unik, boneka juga disukai anak wanita alasannya naluri alamiahnya sebagai seorang wanita yaitu, suka mengasuh dan menyayangi.

Dari pola paragraf di atas, sanggup kita temukan pengertian dari Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Gagasan Pokok. Sekarang mari kita jabarkan satu persatu.


Kalimat Utama
Kalimat utama yaitu kalimat yang menjadi inti dari sebuah paragraf. Kalimat utama merupakan unsur penting dalam paragraf alasannya di sinilah inti dari sebuah paragraf, sanggup juga diartikan sebagai kalimat yang mengandung gagasan utama. 

Pada pola paragraf di atas kalimat utamanya terdapat pada kalimat nomor 1 yaitu,  Dari dahulu sampai sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan. Kalimat ini disebut sebagai kalimat utama alasannya kalimat ini bersifat umum, artinya masih sanggup diuraikan lagi secara lebih detail. 


Kalimat Penjelas
Sesuai dengan namanya, kalimat penjelas merupakan kalimat yang berfungsi menjelaskan pernyataan yang disebutkan pada kalimat utama. Penjelasannya sanggup berupa rincian, contoh, maupun hal lain yang  bersifat memperjelas kalimat utama.

Pada pola paragraf di atas, kalimat penjelasnya terdapat pada kalimat kedua dan ketiga, yaitu : 
Kalimat 2, "Mainan ini disukai anak wanita alasannya bentuknya yang feminin." 
Kalimat 3, "Selain bentuknya alasannya bentuknya yang unik, boneka juga disukai anak wanita alasannya naluri alamiahnya sebagai seorang wanita yaitu, suka mengasuh dan menyayangi."
Kalimat nomor 2, dan 3, menjelas kan alasan kenapa anak wanita menyukai boneka.


Gagasan Pokok
Gagasan pokok, atau disebut juga wangsit pokok ialah pikiran yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kita sanggup menemukan wangsit pokok dalam kalimat utama. Dengan kata lain, di dalam kalimat utama tersirat wangsit pokok.

Pada pola di atas dengan kalimat utama Dari dahulu sampai sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan, kita sanggup mengetahui bahwa wangsit pokoknya adalah, Boneka mainan kesukaan anak perempuan.

Selamat Belajar...!!! :)
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2